Kalimat
atau pun tulisan “CU. Amanah adalah milik anggota” sering kita dengar dalam
berbagai acara CU. Amanah. Tetapi apakah CU. Amanah milik saya (anda)?
Kalau
kita melihat tentang arti dari CU sendiri,
CU diartikan sekumpulan orang yang saling percaya, dalam suatu ikatan
pemersatu yang bersepakat menabungkan uang mereka sehingga tercipta modal
bersama untuk dipinjamkan diantara sesama mereka dengan bunga yang layak, untuk
tujuan produktif dan kesejahteraan. Yang bisa diartikan pengelolaan keuangan
secara swadaya untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Kepemilikan CU oleh
anggota bisa dilihat dari beberapa hal, diantaranya :
- Keputusan tertinggi ada di RAT yang dihadiri seluruh anggota CU. Amanah
- Tidak ada perbedaan gender, dan berlaku satu anggota satu suara
- Sebagai pemilik saham, anggota mendapatkan SHU yang adil
- Anggota berhak mendapat laporan Pengawas dan Pengurus
- Pengurus dan Pengawas dipilih dari anggota dan oleh anggota, sebagai perwakilan anggota untuk mengawasi secara internal dan eksternal CU. Amanah dan untuk membuat rancangan pengembangan yang lebih didasarkan untuk kemajuan CU dan kesejahteraan anggota
- Laporan sirkulasi keuangan CU. Amanah (LKSB) setiap bulan
Dari
beberapa poin diatas tampak jelas bahwa kedudukan anggota sebagai pemilik saham
tidak terbatas pada pembagian hasil saja, tetapi sebagai pemilik juga
mendapatkan akses dalam mendapatkan laporan serta hak dalam berpendapat.
Lalu
apa rasa “memiliki” CU. Amanah pernah anda rasakan setelah menjadi anggota ?
Fakta
bahwa tujuan orang bergabung dengan sebuah CU 99 % adalah untuk pinjam uang,
betul ? karena menurut orang yang merekomendasikan CU kepada anda biasanya
dengan menceritakan kemudahan dan ringannya pinjam uang di CU apalagi adanya keuntungan
SHU, simpanan yang menguntungkan, simpanan dan pinjaman diasuransikan di PERMATA,
maupun program kesehatan DAKESTA jadi poin tambahan bagi anggota, tetapi apakah
dengan hanya mendapat pinjaman uang saja kita sudah cukup puas dengan CU ?
tidak. Kenapa ? karena yang kita bicarakan bukan hanya untuk saat ini, tetapi
juga untuk masa depan CU kita. Coba kita bayangkan jika sekarang ini kita bukan
menjadi anggota sebuah CU, apakah kita akan mendapatkan pelayanan pinjaman semudah
dan seringan dari lembaga keuangan lain ? atau jika 2-3 tahun kedepan CU.
Amanah tutup dan tidak melayani anggota, pastinya kita akan kembali kesulitan
mencari lembaga keuangan yang mudah dan menguntungkan. Atau kita akan membentuk
sebuah koperasi atau CU lagi ? boleh, tetapi kalau kita lihat sejarah CU.
Amanah, butuh waktu sekitar 7 tahun yang berat dan berliku untuk bisa melayani
anggota dengan baik dan mendapat kepercayaan masyarakat.
Kalau
kita merasa sangat puas dengan pelayanan CU. Amanah saat ini, apakah kita juga
ingin CU. Amanah terus ada dan berkembang untuk melayani kita dan keluarga kita
sampai puluhan tahun lagi? Anggota CU.
Amanah adalah owner dan juga costumer, sebagai konsumen tentu kita sangat
senang jika mendapat pelayanan yang baik dan mendapat berbagai macam keuntungan,
tetapi sebagai pemilik kita juga wajib menjaga agar CU. Amanah juga menjadi
sebuah lembaga yang bermutu dan sehat sehingga bisa melayani kita hingga anak
cucu kita, untuk itu, bukan hanya menjadi konsumen yang baik saja, tetapi kita
juga dituntut untuk ikut aktif dalam menjaga dan merawat CU kita, lho kan ada
Pengawas dan Pengurus yang menjadi wakil anggota untuk mengawasi dan menjaga
mutu CU. Amanah ? betul, tetapi peran anggota sangat penting bagi CU. Amanah,
siapapun anda, dimanapun anda, dan apapun pekerjaan anda , anda sangat penting
artinya bagi CU. Amanah. Merasa memiliki berarti juga bertanggung jawab, karena
di-CU, kita dituntut untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan
bertanggung jawab terhadap orang lain yang mendasari ikatan dan kerjasama untuk
saling percaya. “kan saya bayar angsurannya gak pernah telat Pak, berarti saya
bertanggung jawab dong !” Memang betul, tetapi apakah anda datang saat diundang
PDA (Pendidikan Dasar Anggota) ? ataukah anda pernah menyempatkan diri melihat
LKSB (Laporan Keuangan dan Statistik Bulanan) dikantor CU. Amanah? Apakah
selain rajin pinjam anda juga rajin menabung di CU ?. Membayar angsuran
pinjaman adalah sebuah tanggung jawab dan kewajiban personal antara peminjam
dan pihak CU, tetapi jika anda aktif dalam setiap kegiatan CU dan ikut membantu
mengenalkan CU kepada orang lain yang anda percaya berarti anda telah membantu
pengembangan CU dan anda juga membantu orang yang anda percaya untuk
mendapatkan kemudahan dalam pelayanan keuangan. Terlibat aktif bukan hanya saat
anda menjadi costumer (konsumen), tetapi anda harus ingat bahwa anda adalah
owner (pemilik) yang juga harus menjaga keberlangsungan CU. Amanah menjadi
lembaga keuangan yang sehat. Untuk itu, anda juga harus kritis dan ikut
memberikan masukan yang positif bagi CU. Amanah.
Bukankah
jika CU. Amanah menjadi berkembang dan maju, anda jugalah sebagai anggota yang
akan mendapatkan banyak keuntungan, sebagai konsumen yang tentunya akan semakin
banyak mendapatkan kemudahan dalam pelayanan keuangan dan tentunya sebagai
pemilik anda akan mendapatkan banyak SHU. Untuk itu sekali lagi saya ingatkan,
siapapun anda, dimanapun anda, dan apapun pekerjaan anda , anda sangat penting
artinya bagi CU. Amanah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar