SELAMAT DATANG DI BLOG CU. AMANAH PROBOLINGGO

Dengan mengucap syukur kepada Allah SWT, CU. Amanah telah membuat blog yang sangat sederhana ini, dengan bertujuan untuk menjembatani komunikasi antara CU. Amanah dengan Anggota CU. Amanah pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Kami sangat berharap dengan adanya blog ini, bisa menjadi ajang silaturrahim dan menjadikan tempat yang tepat bagi Anggota dan masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar CU. Amanah. Terimakasih.

Rabu, 19 Oktober 2011

APA BENAR CU. AMANAH MILIK SAYA ?


Kalimat atau pun tulisan “CU. Amanah adalah milik anggota” sering kita dengar dalam berbagai acara CU. Amanah. Tetapi apakah CU. Amanah milik saya (anda)?
Kalau kita melihat tentang arti dari CU sendiri,  CU diartikan sekumpulan orang yang saling percaya, dalam suatu ikatan pemersatu yang bersepakat menabungkan uang mereka sehingga tercipta modal bersama untuk dipinjamkan diantara sesama mereka dengan bunga yang layak, untuk tujuan produktif dan kesejahteraan. Yang bisa diartikan pengelolaan keuangan secara swadaya untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Kepemilikan CU oleh anggota bisa dilihat dari beberapa hal, diantaranya :
  1. Keputusan tertinggi ada di RAT yang dihadiri seluruh anggota CU. Amanah
  2. Tidak ada perbedaan gender, dan berlaku satu anggota satu suara
  3. Sebagai pemilik saham, anggota mendapatkan SHU yang adil
  4. Anggota berhak mendapat laporan Pengawas dan Pengurus
  5. Pengurus dan Pengawas dipilih dari anggota dan oleh anggota, sebagai perwakilan anggota untuk mengawasi secara internal dan eksternal CU. Amanah dan untuk membuat rancangan pengembangan yang lebih didasarkan untuk kemajuan CU dan kesejahteraan anggota
  6. Laporan sirkulasi keuangan CU. Amanah (LKSB) setiap bulan


Dari beberapa poin diatas tampak jelas bahwa kedudukan anggota sebagai pemilik saham tidak terbatas pada pembagian hasil saja, tetapi sebagai pemilik juga mendapatkan akses dalam mendapatkan laporan serta hak dalam berpendapat.
Lalu apa rasa “memiliki” CU. Amanah pernah anda rasakan setelah menjadi anggota ?
Fakta bahwa tujuan orang bergabung dengan sebuah CU 99 % adalah untuk pinjam uang, betul ? karena menurut orang yang merekomendasikan CU kepada anda biasanya dengan menceritakan kemudahan dan ringannya pinjam uang di CU apalagi adanya keuntungan SHU, simpanan yang menguntungkan, simpanan dan pinjaman diasuransikan di PERMATA, maupun program kesehatan DAKESTA jadi poin tambahan bagi anggota, tetapi apakah dengan hanya mendapat pinjaman uang saja kita sudah cukup puas dengan CU ? tidak. Kenapa ? karena yang kita bicarakan bukan hanya untuk saat ini, tetapi juga untuk masa depan CU kita. Coba kita bayangkan jika sekarang ini kita bukan menjadi anggota sebuah CU, apakah kita akan mendapatkan pelayanan pinjaman semudah dan seringan dari lembaga keuangan lain ? atau jika 2-3 tahun kedepan CU. Amanah tutup dan tidak melayani anggota, pastinya kita akan kembali kesulitan mencari lembaga keuangan yang mudah dan menguntungkan. Atau kita akan membentuk sebuah koperasi atau CU lagi ? boleh, tetapi kalau kita lihat sejarah CU. Amanah, butuh waktu sekitar 7 tahun yang berat dan berliku untuk bisa melayani anggota dengan baik dan mendapat kepercayaan masyarakat.
Kalau kita merasa sangat puas dengan pelayanan CU. Amanah saat ini, apakah kita juga ingin CU. Amanah terus ada dan berkembang untuk melayani kita dan keluarga kita sampai puluhan tahun lagi?  Anggota CU. Amanah adalah owner dan juga costumer, sebagai konsumen tentu kita sangat senang jika mendapat pelayanan yang baik dan mendapat berbagai macam keuntungan, tetapi sebagai pemilik kita juga wajib menjaga agar CU. Amanah juga menjadi sebuah lembaga yang bermutu dan sehat sehingga bisa melayani kita hingga anak cucu kita, untuk itu, bukan hanya menjadi konsumen yang baik saja, tetapi kita juga dituntut untuk ikut aktif dalam menjaga dan merawat CU kita, lho kan ada Pengawas dan Pengurus yang menjadi wakil anggota untuk mengawasi dan menjaga mutu CU. Amanah ? betul, tetapi peran anggota sangat penting bagi CU. Amanah, siapapun anda, dimanapun anda, dan apapun pekerjaan anda , anda sangat penting artinya bagi CU. Amanah. Merasa memiliki berarti juga bertanggung jawab, karena di-CU, kita dituntut untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan bertanggung jawab terhadap orang lain yang mendasari ikatan dan kerjasama untuk saling percaya. “kan saya bayar angsurannya gak pernah telat Pak, berarti saya bertanggung jawab dong !” Memang betul, tetapi apakah anda datang saat diundang PDA (Pendidikan Dasar Anggota) ? ataukah anda pernah menyempatkan diri melihat LKSB (Laporan Keuangan dan Statistik Bulanan) dikantor CU. Amanah? Apakah selain rajin pinjam anda juga rajin menabung di CU ?. Membayar angsuran pinjaman adalah sebuah tanggung jawab dan kewajiban personal antara peminjam dan pihak CU, tetapi jika anda aktif dalam setiap kegiatan CU dan ikut membantu mengenalkan CU kepada orang lain yang anda percaya berarti anda telah membantu pengembangan CU dan anda juga membantu orang yang anda percaya untuk mendapatkan kemudahan dalam pelayanan keuangan. Terlibat aktif bukan hanya saat anda menjadi costumer (konsumen), tetapi anda harus ingat bahwa anda adalah owner (pemilik) yang juga harus menjaga keberlangsungan CU. Amanah menjadi lembaga keuangan yang sehat. Untuk itu, anda juga harus kritis dan ikut memberikan masukan yang positif bagi CU. Amanah.  
Bukankah jika CU. Amanah menjadi berkembang dan maju, anda jugalah sebagai anggota yang akan mendapatkan banyak keuntungan, sebagai konsumen yang tentunya akan semakin banyak mendapatkan kemudahan dalam pelayanan keuangan dan tentunya sebagai pemilik anda akan mendapatkan banyak SHU. Untuk itu sekali lagi saya ingatkan, siapapun anda, dimanapun anda, dan apapun pekerjaan anda , anda sangat penting artinya bagi CU. Amanah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar